VISI - MISI KOTA CILEGON


VISI

Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan pembangunan daerah. Visi juga dapat diartikan sebagai arah pembangunan atau kondisi masa depan daerah yang ingin dicapai dalam 5 (lima) tahun mendatang (clarity of direction) yang menjawab permasalahan pembangunan daerah dan/atau isu strategis yang harus diselesaikan dalam jangka menengah. Dengan mempertimbangkan arah pembangunan jangka panjang daerah, kondisi, permasalahan, dan tantangan pembangunan yang dihadapi serta isu-isu strategis serta visi Kepala Daerah terpilih tahun 2020, maka ditetapkan visi Kota Cilegon tahun 2021 – 2026 adalah sebagai berikut :

“TERWUJUDNYA CILEGON BARU, MODERN DAN BERMARTABAT”


Penjabaran visi tersebut adalah sebagai berikut :

Cilegon Baru : Bahwa pemerintahan Kot Cilegon harus menjadi motor bagi masyarakatnya untuk melakukan perbaikan, pembaruan dan peningkatan kualitas.
Cilegon Modern : Bahwa Kota Cilegon diproyeksikan untuk menjadi kota yang adaptif dengan teknologi, memiliki kelengkapan fasilitas umum, tingkat kesejahteraan yang baik dan kepuasan warga yang tinggi.
Cilegon Bermartabat : Bahwa masyarakat dan pemerintah Kota Cilegon mampu menerapkan nilai-nilai luhur agama, budaya dan peradaban dalam seluruh aspek pembangunan, sehingga menempatkan Kota Cilegon sejajar atau lebih baik dibandingkan dengan kota lainnya.

Dengan demikian visi “Terwujudnya Kota Cilegon Baru, Modern dan Bermartabat” bermakna pelayanan pemerintah Kota Cilegon yang baru dalam hal perbaikan birokrasi, pembangunan manusia, pembangunan infrastruktur dan layanan publik lainnya dengan menerapkan teknologi untuk kemudahan akses informasi dan layanan publik kepada masyarakat. Hal ini akan menghadirkan kenyamanan bagi masyarakat Kota Cilegon dalam melakukan aktivitas sosial ekonomi sehari-hari, serta kemudahan dalam berinvestasi dan berwirausaha sehingga tujuan akhir pembangunan yaitu peningkatan kesejahteraan warga masyarakat dapat terwujud. Selain itu, bermartabat mencerminkan penerapan nilai- nilai luhur agama, budaya dan peradaban sebagai pijakan dalam pelaksanaan seluruh aspek pembangunan.

Visi pembangunan Kota Cilegon Tahun 2021 – 2026 tersebut diharapkan mampu mendukung pencapaian visi pembangunan Kota Cilegon Tahun 2005 – 2026 sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Cilegon Tahun 2005-2026 yaitu: ”CILEGON PUSAT INDUSTRI, PERDAGANGAN, DAN JASA TERDEPAN DI PULAU JAWA”, serta merupakan kelanjutan dari visi pembangunan RPJMD Kota Cilegon periode sebelumnya (RPJMD Kota Cilegon Tahun 2016 – 2021).


MISI

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Untuk mewujudkan visi Kota Cilegon tahun 2021 – 2026 akan ditempuh melalui misi pembangunan sebagai berikut :

1. Menghadirkan pemerintahan daerah yang profesional dan akuntabel
Pemerintah Kota Cilegon berkomitmen untuk menghadirkan pemerintahan yang professional dan akuntabel melalui Membangun command center, Pelayanan publik satu atap berbasis teknologi, Menurunkan tingkat korupsi, Peningkatan fasilitas infastruktur, Promosi jabatan berdasarkan prestasi dan kompetensi, Perizinan satu atap, Meningkatkan fasilitas kota yang baik.
2. Mewujudkan pendidikan yang berkualitas
Pemerintah Kota Cilegon berkomitmen untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas melalui Partisipasi lama sekolah 12 tahun, Pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, Meningkatkan akreditasi seluruh sekolah, 100% guru SD dan SMPminimal S1, Meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
3. Meningkatkan pelayanan kesehatan
Pemerintah Kota Cilegon berkomitmen meningkatkan pelayanan kesehatan melalui Meningkatkan kelas RSUD menjadi kelas A, Menambah dokter dan tenaga medis serta tenaga kesehatan lainnya hingga ke puskesmas, Meningkatkan fasilitas kesehatan, Ambulance gratis, Tunjangan kematian bagi rakyat miskin, Pembiayaan BPJS kesehatan bagi masyarakat miskin, Puskesmas keliling.
4. Mewujudkan kesejahteraan yang merata
Pemerintah Kota Cilegon sebagai kota industri dan jasa, selalu berusaha mendorong kesejahteraan masyarakat yang merata melalui Menjamin kebutuhan dasar bagi keluarga miskin, Meningkatkan daya beli masyarakat (UMKM), Menggali potensi ekonomi berbasis budaya dan kearifan lokal bernilai ekspor, Membangun iklim investasi yang kondusif, Menjadikan cilegon kota industri dan jasa.
5. Mewujudkan masyarakat berperadaban
Pemerintah Kota Cilegon berkomitmen mewujudkan masyarakat berperadaban melalui Membangun cilegon kota pariwisata sejarah, budaya dan religius, Membangun visual kota cilegon yang mempesona, Menjamin keamanan, Membangun cilegon sebagai smart city melalui peningkatan layanan SPBE (baik layanan pemerintahan maupun layanan publik) dan perluasan akses internet di seluruh wilayah serta di area publik dengan pengelolaan yang terintegrasi, Membangun masyarakat yang menguasai IPTEK, Membangun masyarakat yang partisipatif, Membangun ruang publik, Membangun fasilitas bagi penyandang difabel.